5 Versi Android Terpopuler, Dengan Dominasi Versi Lama

Sebagian besar smartphone Android saat ini masih menjalankan sistem operasi (OS) Android versi lama. Hal ini terungkap dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Uptodown.

Uptodown sendiri merupakan tempat alternatif bagi pengguna Android dan iOS jika ada aplikasi yang tidak tersedia di app store untuk kedua platform tersebut.

Survei sendiri dilakukan dengan pengguna Uptodown dengan total 130 juta pengguna. Menurut penelitian ini, Android 11 merupakan sistem operasi Android yang paling dominan saat ini.

Android 11 yang dirilis pada tahun 2020 masih digunakan oleh 29,5% responden. Diikuti oleh 25,2% pengguna Android 10 yang dirilis setahun lalu.

Hal ini dapat dikonfirmasi meskipun Anda menggunakan Android versi lama, seperti Android Pie (9.1) yang dirilis 4 tahun lalu dan Oreo (8.1) yang dirilis pada 2017.

Menurut survei Uptodown, 11,5% pengguna menggunakan Android Pie dan 11% menggunakan Android Oreo.

Sedangkan versi terbaru Android 12 hanya 2,6%.

Selain itu, Android 12 masih didukung pada perangkat yang sekarang berusia kurang dari satu tahun. Tidak semua smartphone yang dirilis setahun atau beberapa tahun lalu telah mendapatkan update software ini.

Hal yang sama terjadi ketika Android 11 pertama kali dirilis. Menurut laporan Gizchina, butuh beberapa bulan lagi sebelum Android 11 mengalahkan popularitas Android 10.

KompasTekno dalam laporan Gezchina: “Sekarang umum untuk sistem operasi Android baru menjadi kurang populer daripada Android yang lebih lama. Ini bahkan di Android 11 dan telah lama jatuh dari popularitas Android 10,”

Dengan kata lain, ini hanya masalah waktu. Jumlah pengguna Android 12 akan bertambah seiring dengan semakin banyaknya vendor ponsel yang mulai merancang sistem operasi berbasis Android 12.

Menurut Uptodown, 5 sistem operasi Android teratas yang digunakan saat ini adalah:

Sementara itu, sebagai pengembang Android, Google tengah mempersiapkan Android 13 sebagai sekuel dari Android 12. Android 13 diharapkan akan dipamerkan di Google I/O

Namun, versi final Android 13 tidak akan ditampilkan langsung ke publik di acara tahunan Google. Ini akan memakan waktu setidaknya beberapa bulan sebelum pengembangan Android 13 tersedia untuk umum.

Menurut survei yang dilakukan terhadap peserta, Samsung Electronics menjadi merek smartphone yang paling banyak digunakan dengan 31,62%, diikuti oleh Xiaomi (16,31%), Huawei (11,07%), Oppo (5,17%), dan Vivo (4,35%).

Pada kategori browser, Google Chrome masih menempati urutan pertama dengan 83,6%, diikuti oleh Samsung Internet dengan 5,15%, Opera dengan 1,45%, Firefox dengan 1,28% dan UC Browser dengan 0,81%.

You May Also Like

About the Author: artlitesigns

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *