Cara Cepat Membersihkan Memori Internal HP Android

Ponsel Android Anda terasa lambat saat dinyalakan? Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat ponsel Android lemot. Salah satunya bisa jadi kapasitas penyimpanan sudah penuh.

Semakin lama ponsel ini aktif, semakin banyak jenis file dan aplikasi yang berantakan dengan ponsel.

Namun, perlu waktu lama untuk menghapus beberapa file atau aplikasi untuk mengosongkan ruang memori. Belum lagi mengkategorikan apa yang masih Anda butuhkan dan apa yang perlu Anda hapus.

Cara lain untuk membersihkan penyimpanan internal ponsel Android (HP) Anda adalah dengan menghapus data cache (cache).

Apa itu data cache?

Data cache adalah data sementara dari aplikasi yang diinstal dan disimpan dalam memori telepon. Setiap aplikasi memiliki file cache sendiri dan menghabiskan ruang penyimpanan.

Semakin banyak Anda menggunakannya, semakin banyak data cache yang terakumulasi. Misalnya, saat Anda membuka situs di browser, sistem akan menyimpan gambar yang Anda lihat dan menyimpannya dalam file cache.

Aplikasi yang memakan banyak ruang penyimpanan seperti Instagram, Facebook, TikTok dan Market bisa mencapai ukuran ratusan megabyte.

Dengan menyimpannya sementara, sistem tidak perlu mengunduh gambar yang dibuka sebelumnya. Jadi Anda bisa membuka situs yang Anda inginkan lebih cepat dan tidak memakan banyak kuota data.

Menghapus data cache tidak menghapus data aplikasi seperti data login dan game yang disimpan, jadi aman.

Antarmuka pada ponsel Android bervariasi dari satu merek ke merek lainnya, sehingga langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda. Namun, langkah dasarnya sama.

You May Also Like

About the Author: artlitesigns

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *