Itu Adalah Smartphone Android Pertama Yang Dirilis 14 Tahun Lalu

Android pertama kali dirilis ke publik sejak 2007. Namun, sistem operasi Android baru versi 1.0 pertama kali resmi digunakan pada T-Mobile G1 yang dirilis di AS pada Oktober 2008.

Ponsel yang dibuat atas kerjasama antara T-Mobile, Google dan operator jaringan seluler HTC, juga dikenal sebagai T-Mobile G1 atau HTC Dream.

Ponsel Android pertama, T-Mobile G1, memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan smartphone Android yang baru saja dirilis. Layarnya agak kecil dengan diagonal 3,2 inci (480 x 320 piksel).

Ini mendukung input sentuh, tetapi masih memiliki satu set telepon dan tombol navigasi di bagian bawah layar.

Kemudian, karena sistem operasi Android versi pertama belum memiliki keyboard virtual, T-Mobile G1 juga memperkenalkan keyboard QWERTY fisik. Itu terletak di bawah layar dan dapat diakses melalui mekanisme geser dengan menggerakkan layar.

Tampilan dan fungsionalitas Android 1.0 yang belum selesai tampaknya belum sempurna dibandingkan dengan OS Android saat ini. Misalnya, keyboard virtual hanya ada di Android 1.5. Juga tidak ada fitur lain seperti navigasi real-time dan pinch-to-zoom.

Di belakang Android Police T-Mobile G adalah keyboard QWERTY.

Dari segi spesifikasi, T-Mobile G1 dilengkapi dengan hardware yang sesuai dengan perkembangan zaman, namun cukup berbeda dengan ponsel-ponsel terbaru.Sistem yang digunakan pada chip tersebut dilengkapi dengan CPU core Qualcomm MSM7201A 528MHz ARM11.

CPU single core yang dipadukan dengan RAM 192MB dan media internal 256GB dihimpun KompasTekno dari Android Police, Selasa (12/10/2021).

Untungnya, dimulai dengan rilis awal ini, OS Android dan T-Mobile G1 mendukung penggunaan kartu memori microSD untuk ekspansi penyimpanan. Fitur lainnya termasuk seluler (3G), Wi-Fi dan konektivitas Bluetooth 2.0.

Dibandingkan iOS di iPhone, pesaing utama yang dirilis setahun lalu, Android 1.0 menawarkan beberapa keunggulan seperti layar beranda yang dapat disesuaikan, widget, jendela notifikasi, dan kemampuan salin dan tempel.

Android juga bersifat open source, sehingga dapat digunakan oleh semua produsen ponsel. Berbeda dengan iOS yang hanya tersedia di Apple.

Munculnya Android membuat marah Steve Jobs, yang melihat sistem operasi Google sebagai salinan iOS.

Walter Isaacson, penulis biografi terkenal Jobs, mengatakan para pendiri Apple telah bersumpah untuk menghancurkan Android. Tapi Jobs meninggal sebelum dia menyadari ancamannya.

Android sekarang adalah sistem operasi seluler paling populer di dunia, diikuti oleh saingan lama iOS.

You May Also Like

About the Author: artlitesigns

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *