Penyebab Dan Solusi HP Android Lambat

Ponsel Android yang sudah lama digunakan mungkin akan mengalami performa yang kurang baik.

Performa yang rendah seringkali membuat aplikasi sulit dijalankan dengan lancar atau lambat di ponsel Android. Hal ini tentu sangat mengganggu karena ponsel tidak bisa digunakan secara maksimal.

Penurunan kinerja yang terjadi pada ponsel Android sebenarnya dipengaruhi oleh banyak faktor selain umur perangkat itu sendiri.

Nah, itulah beberapa faktor yang membuat HP Android lemot dan cara mengatasinya

1. Pembaruan OS

Ponsel Android sering menerima pembaruan sistem operasi. Pembaruan OS ini biasanya memberikan beberapa penambahan fitur atau perbaikan tertentu.

Namun, meskipun pembaruan sistem operasi diluncurkan untuk membuat ponsel Anda bekerja secara optimal, pembaruan ini sering kali membutuhkan banyak ruang penyimpanan.

Selain itu, ponsel akan lebih berat karena berbagai fitur yang dikandungnya.

Ini lebih lanjut dapat menurunkan kinerja telepon Anda ketika pembaruan sistem diinstal pada telepon Anda.

Sayangnya tidak banyak yang dapat dilakukan pengguna tentang hal itu. Pengguna dapat beralih menggunakan aplikasi “Lite “, yang menyediakan layanan yang lebih ringan.

Alternatifnya, pengguna dapat menjalankan aplikasi dengan lebih lancar, meskipun proposal lebih sederhana dan mungkin menggunakan fitur yang tidak selengkap aplikasi aslinya.

2. Aplikasi berjalan di latar belakang

Ada banyak aplikasi yang aktif di latar belakang dan dapat berjalan secara otomatis. Jenis aplikasi ini biasanya terus mengkonsumsi penggunaan RAM, sehingga membebani RAM dan kinerja prosesor sepanjang waktu.

Aplikasi seperti wallpaper hidup dan widget sering berjalan di latar belakang bahkan saat Anda tidak menggunakannya. Contoh lainnya adalah aplikasi media sosial.

Karena Anda perlu mengosongkan ruang untuk menjalankan jenis aplikasi ini, ponsel Anda tidak akan dapat membuka aplikasi lain dengan lancar jika RAM dan CPU Anda selalu digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, kami menyarankan Anda untuk segera menghapus (uninstall) aplikasi apa pun yang berjalan di latar belakang.

Kami juga menyarankan agar pengguna menghindari pemasangan widget secara massal di layar beranda mereka.

3. Aplikasi kumulatif

Tidak jarang pengguna menginstal berbagai jenis aplikasi di ponsel mereka. Beberapa aplikasi ini mungkin sudah usang dan karenanya menumpuk dan menghabiskan ruang penyimpanan ponsel.

Secara tidak langsung, penyimpanan penuh memori ponsel juga bisa disebabkan oleh data cache yang terkubur.

Jika Anda terus mengizinkannya, memori perangkat Anda akan penuh dan ponsel Android Anda akan berjalan lambat.

Perlambatan yang disebabkan oleh total ruang penyimpanan ponsel Anda dapat diatasi dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan.

Pengguna juga dapat menghapus foto, video, dan file penting atau memindahkannya ke penyimpanan cloud.

Beberapa aplikasi pra-instal tidak dapat dihapus secara manual. Dalam kebanyakan kasus, aplikasi sudah termasuk dalam aplikasi default untuk alias di perangkat seluler.

Satu-satunya cara yang dapat dilakukan pengguna adalah dengan menonaktifkan (disable) penggunaan aplikasi melalui menu pengaturan.

4. Hindari Aplikasi Pembersih Aplikasi

Google Play Store memiliki banyak aplikasi Pembersih Aplikasi yang menjanjikan untuk membuat ponsel Anda berjalan lebih lancar. Jenis aplikasi ini bekerja dengan cara “berhenti” menjalankan aplikasi di telepon.

Meski terlihat sangat berguna, pengguna ponsel Android disarankan untuk menjauhi aplikasi jenis ini.

Semua aplikasi yang ‘dimatikan’ oleh Pembersih Aplikasi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk digunakan kembali oleh pengguna.

Selain dapat memperlambat kinerja aplikasi, aplikasi yang Anda coba buka membutuhkan lebih banyak daya baterai.

You May Also Like

About the Author: artlitesigns

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *